Monday, December 5, 2016

Cara Bercocok Tanam Selada Secara Hidroponik

Cara Bercocok Tanam Selada Secara Hidroponik on http://slosa.blogspot.com/2016/08/cara-bercocok-tanam-selada-secara-hidroponik.html - ada 2 kelompok budidaya selada yang berada di indonesia, untuk yang pertama ialah selada daun yang memiliki bentuk korp yang lingkaran lepas, daunnya memiliki bentuk lebih mengembang.

metode tersebut ialah metode penanaman hidroponik. yaitu metode penanaman yang menggunakan media tanam utama berupa unsur air.

cara menanam selada secara hidroponik di rumah dengan alat sederhana :

1. langkah awal dari cara menanam selada hidroponik ialah membuat media tanam. siapkanlah bak plastik untuk wadah penanaman selada. kemudian, siapkan juga styrofoam atau gabus untuk daerah netpot. buatlah lubang pada styrofoam dengan membisueter sekitar 5 cm atau sesuaikan dengan ukuran netpot. beri jminuman beralkohol antar lubang sekitar 15 cm untuk menunjukkan ruang tumbuh tanaman selada ketika dewharapan. styrofoam ini nantinya akan diletakkan menutupi bak plastik.

2. langkah selanjutnya ialah menyemai bibit. salah satu media penyemaian yang biharapan digunakan ialah rockwool. media ini dipilih alharapannnya memiliki kebisaan menyerap air yang baik sesampai bibit yang disemai bisa tumbuh menjadi kecambah. penyemaian dilsayakan ketika benih telah tumbuh akar dan beberapa daun. kemudian benih selada bisa diprupawankan ke dalam media tanam berupa netpot.

3. langkah berikutnya ialah memrupawankan benih selada ke dalam netpot. netpot ialah wadah berupa pot atau gelas dengan lubang-lubang berukuran besar disekeliling sisi pot untuk daerah tumbuh akar. anda bisa menerimanya di toko tanaman ataupun membuatnya dari gelas plastik bekas yang dilubangi. prupawankan benih selada ke dalam netpot dengan hati-hati. isikan netpot dengan media tanam berupa campuran pasir kerikil dan sekam bakar atau rockwool.

4. langkah terakhir pada cara menanam selada secara hidroponik ialah meletakkan benih pada media tanam bak yang sudah disiapkan. isikan bak dengan cairan nutrisi. masukkan masing-masing netpot yang sudah terisi benih ke dalam lubang styrofoam. kemudian, letakkan styrofoam yang sudah dipenuhi dengan netpot di atas bak yang sudah diisi larutan nutrisi. jika sudah, anda bisa merawatnya dan tunggu sampai mharapan panen.

baiklah demikian cara menaman selada pada bidang hidroponik, selamat mencoba.


Cara Bercocok Tanam Selada Secara Hidroponik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Azizan